Powered By Blogger

Jumat, 29 Juli 2011

PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BY. HIZ. MUTAQIN, M.Pd

Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dikembangkan oleh Spencer Kagen (1993), pada umumnya NHT digunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahamanpembelajaran atau mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Langkah-langkah penerapan NHT:

1. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sesuaI kompetensi dasar yang akan dicapai.
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 4- 5 siswa ,setiap anggota kelompok diberi nomor atau nama.
3. Guru mengajukan permasalahan dalam rangka penguatan materi pembelajaran kepada siswa untuk dipecahkan bersama dalam kelompok .
4. Guru mengecek pemahaman siswa dengan menyebut salah satu nomor (nama) anggota kelompok untuk menjawab. Jawaban salah satu siswa yang ditunjuk oleh guru merupakan wakil jawaban dari kelompok.
5. Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan dan memberikan penegasan pada akhir pembelajaran
6. Guru memberi penghargaan pada kelompok

Numbered Head Together dapat mendorong keberhasilan fungsi kelompok karena semua anggota tahu dan siap untuk menjelaskan jawaban mereka dan karena pada saat siswa membantu anggota kelompoknya, mereka juga membantu diri mereka sendiri dan seluruh kelompok.Karena respon yang diberikan berguna (milik) bagi semua kelompok, tidak hanya milik kelompok yang memberikan respon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar