Powered By Blogger

Jumat, 29 Juli 2011

MATERI DESIMINASI DIKLAT P4TK MATEMATIKA JOGYAKARTA DI KABUPATEN INDRAMAYU (23 -28 JULI 2011)

PEMANFAATAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
By. H.I.Z MUTAQIN, M.Pd. (Guru SMPN 1 Pasekan)

LATAR BELAKANG
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Pasal 42 (1) menyatakan bahwa “Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber lainnya, bahan-bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan”.
Kedudukan alat peraga merupakan bagian dari sarana yang wajib dimiliki oleh setiap satuan pendidikan. Selain itu yang paling penting adalah kedudukan alat peraga terkait dengan fungsi pedagogik yang merupakan salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru dengan peserta didik (atau siswa) di lingkungan belajarnya.
Hal ini dikarenakan obyek dalam pembelajaran matematika yang berupa fakta, konsep, prinsip dan skill/keterampilan merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan pancaindera. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam mempelajari suatu obyek dalam pembelajaran matematika diperlukan pengalaman melalui benda-benda nyata (konkret) yaitu alat peraga yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi siswa untuk berpikir abstrak.

TUJUAN
A. menambah wawasan para peserta dalam hal penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika SMP, yang nantinya dapat dikembangkan sendiri oleh para peserta
B. Dapat memanfaatkan alat peraga matematika dalam pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai.

PENGERTIAN MEDIA DAN ALAT PERAGA
Dalam kamus Inggris Indonesia , media meliki arti yang sama dengan medium yang artinya perantara. Jadi media pembelajan adalah adalah sesuatu yang dapat dijadikan sarana penghubung untuk mencapai pesan belajar.
Istilah lain yang mempunyai makna yang sama adalah “alat peraga” dan “alat bantu belajar”
Ada yang menbedakan ada pula yang menginterpretasikan sama.
Suatu sumber belajar dikatakan alat peraga jika jika fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran.
Sedangkan kalau media tidak sekedar alat bantu, namun dapat merupakan sarana utama dalam penyampaian pesan

FUNGSI ALAT PERAGA

Beberapa fungsi alat peraga :
Memudahkan memahami suatu konsep dalam matematika
Menguatkan atau menerampilkan konsep yang telah diberikan
Memotipasi atau untuk membangkitkan ketertarikkan siswa pada suatu konsep
Sebagai sumber belajar

SYARAT-SYARAT ALAT PERAGA

Menurut Prof. Dr. E.T. Ruseffendi (dalam pujiati 2009) ada beberapa syarat yang harus dimiliki alat peraga agar sesuai dengan apa yang diharapka, yaitu.
Sesuai dengan kosep matematika
Dapat memperjelas konsep matematika
Terbuat dari bahan-bahan yang ada disekitar dan aman bagi siswa
Bentuk dan warnanya menarik
Ukuran sesuai/seimbang dengan ukuran fisik siswa
Bila mungkin alat peraga tersebut dapat berguna banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar