Powered By Blogger

Selasa, 04 Mei 2010

SAP Metode Statistil I

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Dosen : H.I.Z Mutaqin, M.Pd

Program Sutdi : Pendidikan Matematika FKIP-UNWIR

Mata Kuliah : Metode Statistik I

Kode Mata Kuliah : MTK 231

SKS : 3 (tiga)

Prastarat : Tidak ada

  1. Kompetensi Umum

Mahasiswa mampu memdeskripsikan sekelompok data atau lebih dengan menggunakan metode statistika deskriptif sesuai dengan permasalahan, tujuan dan jenis datanya.

  1. Standar Kompetensi

- Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar dan manfaat statistik deskriptif

- Mahasiswa diharapkan mampu memahami jenis data dan deskripsinya.

- Mahasiswa dihapkan mampu memahami pengelompokkan dan kategorisasi data tunggal dan data berkelompok.

- Mahasiswa diharapkan mampu membuat diagram atau grafik data tunggal dan data berkelompok.


  1. Materi Pokok dan Alokasi Waktu

Pertemuan ke-

Materi Pokok dan uaraian Materi Pokok

Alokasi Waktu

1

1. Pendahuluan

1.1. Pengertian dasar dan manfaat statistik

Deskriptif

1.2. Pertanyaan deskriptif

1.3. Jenis-jenis variabel dan datanya

3 x 50’

2

1.4. Populasi dan sampel

1.5. Sensus dan sampling

3 x 50’

3

2. Jenis Data dan Deskripsinya

2.1. Modus

2.2. Ukuran kecenderungan memusat

2.2.1. Median

2.2.2. Mean (rata-rata)

3 x 50’

4

2.3. Nilai berdasarkan letak

2.3.1. Nilai tengah (median)

2.3.2. Kuartil

2.3.3. Desil

2.3.4. Psersentil

3 x 50’

5

2.4. Ukuran Simpangan

2.4.1. Rentang

2.4.2. Rentang antar kuartil

2.4.3. Rata-rata simpangan

3 x 50’

6

2.4.4. Simpangan Baku

2.4.5. Nominal

2.4.6. Ordinal

3 x 50’

7

2.4.7. Interval

2.4.8. Rasio

3 x 50’

8

UJIAN TENGAN SEMESTER (UTS)

3 x 30’

9

3. Pengelompokkan dan Kategorisasi

3.1. Intervaliasi

3.2. Kategorisasi / kualifikasi

3 x 50’

10

4. Tabel

4.1. Sebaran (distribusi) frekuensi

4.2. Distribusi Frekuensi Kumulatif

3 x 50’

11

4.3. Distribusi Frekuensi Relatif

4.4. Distribusi Silang

3 x 50’

12

5. Diagram

5.1. Diagram Batang Daun

5.2. Diagram Pencar

5.3. Diagram Garis

3 x 50’

13.

5.4. Diagram Lingkaran

5.5. Pastel

5.6. Ogive

5.7. Kurva

3 x 50’

14

6. Koefisien Korelasi antar variabel dan data

Nominal, ordinal, interval dan rasio

3 x 50’

15

Persiapan UAS

3 x 50’

16

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

3 x 30’

  1. Kegiatan Pembelajaran

Dengan menggunakan media pembelajaran dan metode yang sesuai :

- Menggali informasi tentang pengertian dan manfaat statistic secara deskriptif.

- Mengenal berbagai jenis data dan deskripsinya

- Mengelompokkan dan membuat kategori/kualifikasi distribusi data.

- Membuat tabel distribusi data

- Membuat diagram/grafif distribusi data

- Memcahkan masalah yang berkenaan dengan koefisien korelasi antar variabel dan data.

- Membuat kesimpulan dari masalah yang ditemuai.

  1. Indikator Pencapaian Standar Kompetensi

- Pengertian dan manfaat statistik secara deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.

- Menjelaskan jenis-jenis data dan deskripsinya.

- Mampu membuat tabel distribusi dan diagram distribusi data.

- Menentukan pengelompokan dan kategorisasi distribusi data.

  1. Jenis Penilaian

a. Aspek yang dinilai :

- Kognitif : Berdasar pada indikator pencapaian standar kompetensi

- Psikomotorik : Mempresentasikan hasil pekerjaan

- Afektif : Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, melakukan proses

Pemecahan masalah, dan ikut dalam menyimpulkan hasil

Pemecahan masalah.

b. Jenis Tagihan : Kuis, Tugas individu, tugas kelompok, UTS, UAS

c. Bentuk Intrumen : Uraian objektif dan uraian non-objektif

  1. Sumber Belajar / Daftar Pustak

1. DR. Boediono dan DR. Ir. Wayan Kosrer M.M. (2002). Teori dan Aplikasi

Statistika dan Probabilitas, Bandung:Remaja Rosdakarya

2. Prof. DR. Sudjana M.A, M.Sc. (2002). Metode Statistika, Bandung: Tarsito

3. Ronald E. Walpole And Raymond H. Myers (1986). Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan, Bandung: ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar