SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Dosen : H.I.Z Mutaqin, M.Pd
Program Sutdi : Pendidikan Matematika FKIP-UNWIR
Mata Kuliah : Metode Statistik I
Kode Mata Kuliah : MTK 231
SKS : 3 (tiga)
Prastarat : Tidak ada
- Kompetensi Umum
Mahasiswa mampu memdeskripsikan sekelompok data atau lebih dengan menggunakan metode statistika deskriptif sesuai dengan permasalahan, tujuan dan jenis datanya.
- Standar Kompetensi
- Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar dan manfaat statistik deskriptif
- Mahasiswa diharapkan mampu memahami jenis data dan deskripsinya.
- Mahasiswa dihapkan mampu memahami pengelompokkan dan kategorisasi data tunggal dan data berkelompok.
- Mahasiswa diharapkan mampu membuat diagram atau grafik data tunggal dan data berkelompok.
- Materi Pokok dan Alokasi Waktu
Pertemuan ke- | Materi Pokok dan uaraian Materi Pokok | Alokasi Waktu |
1 | 1. Pendahuluan 1.1. Pengertian dasar dan manfaat statistik Deskriptif 1.2. Pertanyaan deskriptif 1.3. Jenis-jenis variabel dan datanya
| 3 x 50’ |
2 | 1.4. Populasi dan sampel 1.5. Sensus dan sampling | 3 x 50’ |
3 | 2. Jenis Data dan Deskripsinya 2.1. Modus 2.2. Ukuran kecenderungan memusat 2.2.1. Median 2.2.2. Mean (rata-rata) | 3 x 50’ |
4 | 2.3. Nilai berdasarkan letak 2.3.1. Nilai tengah (median) 2.3.2. Kuartil 2.3.3. Desil 2.3.4. Psersentil | 3 x 50’ |
5 | 2.4. Ukuran Simpangan 2.4.1. Rentang 2.4.2. Rentang antar kuartil 2.4.3. Rata-rata simpangan | 3 x 50’ |
6 | 2.4.4. Simpangan Baku 2.4.5. Nominal 2.4.6. Ordinal | 3 x 50’ |
7 | 2.4.7. Interval 2.4.8. Rasio | 3 x 50’ |
8 | UJIAN TENGAN SEMESTER (UTS) | 3 x 30’ |
9 | 3. Pengelompokkan dan Kategorisasi 3.1. Intervaliasi 3.2. Kategorisasi / kualifikasi | 3 x 50’ |
10 | 4. Tabel 4.1. Sebaran (distribusi) frekuensi 4.2. Distribusi Frekuensi Kumulatif | 3 x 50’ |
11 | 4.3. Distribusi Frekuensi Relatif 4.4. Distribusi Silang | 3 x 50’ |
12 | 5. Diagram 5.1. Diagram Batang Daun 5.2. Diagram Pencar 5.3. Diagram Garis
| 3 x 50’ |
13. | 5.4. Diagram Lingkaran 5.5. Pastel 5.6. Ogive 5.7. Kurva | 3 x 50’ |
14 | 6. Koefisien Korelasi antar variabel dan data Nominal, ordinal, interval dan rasio | 3 x 50’ |
15 | Persiapan UAS | 3 x 50’ |
16 | UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) | 3 x 30’ |
- Kegiatan Pembelajaran
Dengan menggunakan media pembelajaran dan metode yang sesuai :
- Menggali informasi tentang pengertian dan manfaat statistic secara deskriptif.
- Mengenal berbagai jenis data dan deskripsinya
- Mengelompokkan dan membuat kategori/kualifikasi distribusi data.
- Membuat tabel distribusi data
- Membuat diagram/grafif distribusi data
- Memcahkan masalah yang berkenaan dengan koefisien korelasi antar variabel dan data.
- Membuat kesimpulan dari masalah yang ditemuai.
- Indikator Pencapaian Standar Kompetensi
- Pengertian dan manfaat statistik secara deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.
- Menjelaskan jenis-jenis data dan deskripsinya.
- Mampu membuat tabel distribusi dan diagram distribusi data.
- Menentukan pengelompokan dan kategorisasi distribusi data.
- Jenis Penilaian
a. Aspek yang dinilai :
- Kognitif : Berdasar pada indikator pencapaian standar kompetensi
- Psikomotorik : Mempresentasikan hasil pekerjaan
- Afektif : Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, melakukan proses
Pemecahan masalah, dan ikut dalam menyimpulkan hasil
Pemecahan masalah.
b. Jenis Tagihan : Kuis, Tugas individu, tugas kelompok, UTS, UAS
c. Bentuk Intrumen : Uraian objektif dan uraian non-objektif
- Sumber Belajar / Daftar Pustak
1. DR. Boediono dan DR. Ir. Wayan Kosrer M.M. (2002). Teori dan Aplikasi
Statistika dan Probabilitas,
2. Prof. DR. Sudjana M.A, M.Sc. (2002). Metode Statistika,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar