Powered By Blogger

Kamis, 04 November 2010

INSTRUMEN PENELITIAN PTK

By: H.Iqzal Mutaqin, M.Pd

No

Indikator/variabel

Keterangan

1

Keaktifan dalam pembelajaran

kadar keaktifan diskoring dengan skala likert (1 s.d 5)

Target keberhasilan 75%

A. Tugas dan reaksi tugas

1. siap menerima tugas

2. aktif mengerjakan tugas Pekerjaan Rumah

3. aktif bertanya tentang masalah materi yang

sedang dipelajari.

4. aktif menyelesaikan soal-soal yang diberikan

guru pada saat pembelajaran berlangsung.

B. Partisipasi mengawali pembelajaran

1. siap mengikuti jalannya pembelajaran

2. aktif mengikuti jalannya awal pembelajaran

3. aktif mengungkapkan pendapat dari penugasan

C. Partisipasi dalam proses pembelajaran

1. aktif bekerja sama dengan teman

2. aktif memperhatikan penjelasan guru

3. aktif bertanya/menjawab pertanyaan

4. aktif berperan sebgai pemimpin diskusi

5. aktif dalam mengatasi masalah yang muncul

6. aktif mengikuti diskusi dan tanya jawab.

7. aktif berperan dalam proses pembelajaran

D. Menutup jalannya pemebelajaran

1. siap merangkum hasil belajarnya

2. siap menutup pembelajaran

3. siap menerima tugas berikutnya

2

Ketrampilan Proses Dalam Pembelajaran

Kadar ketrampilan diskoring dengan skala likert 1 sd 5.

Indikator pencapaian 65%

A. Tugas dan reaksi tugas

1. trampil melaksanakan tugas terstruktur di

Rumah dengan baik

2. trampil membuat resume dari tugas yang

diberikan

3. trampil membuat sejumlah pertanyaan yang

dimunculkan dalam proses pembelajaran

4. trampil membuat sejumlah penyelesaiaan soal

latihan pada saat pembelajaran berlangsung

B. Partisipasi mengawali pembelajaran

1. siap dan trampil mengiktui jalannya

pembelajaran

2. siap dan trampil mengungkapkan pendapat

3. siap dan trampil memecahkan masalah yang

ada

C. Partisipasi dalam proses pembelajaran

1. kemampuan bekerjasama dengan teman

2. kemampuan memperhatikan penjelasan guru

3. kemamapuan bertanya/menjawab petanyaan

4. kemampuan berperan sbagai pemimpin diskusi

5. kesiapan siswa mengatasi masalah

6. kesiapan mengikuti diskusi dan tanya jawab

7. kemampuan berperan dalam proses

pembelajaran

D. Menutup jalannya pembelajaran

1. kemampuan mengrangkum hasil pembelajaran

2. kemampuan menutup kegiatan

3. kesiapan menerima tugas berikutunya

3

Hasil Belajar

Penilaian skoring dengan rentang 0 sd 100. Berdasar pengalaman hasil tahun sebelumnya maka target hasil belajar 65%

1. Menjelaskan vektor sebagai besaran yang memiliki

besar dan arah.

2. Menentukan hasil operasi aljabar vektor: penjumlahan,

pengurangan, perkalian suatu vektor dengan skalar, dan lawan suatu vektor.

3. Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan

geometri.

4. Menentukan panjang suatu vektor di bidang dan ruang.

5.Mengenal vektor unit (vektor satuan) d vektor basis dalam bidang dan ruang.

5. Mengunakan rumus perbandingan vektor di bidang dan ruang.

6. Menentukan hasil kali skalar dua vektor di bidang dan

ruang.

7. Menjelaskan sifat-sifat perkalian skalar dua vektor.

8. Menentukan sudut antara dua vektor.

9. Menentukan proyeksi suatu vektor dan panjang

terhadap vektor lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar